Jumat, 29 November 2019

5 Jenis Antibiotik untuk Diare yang Ampuh dan Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan Pada Penderitanya


5 Jenis Antibiotik untuk Diare yang Ampuh dan Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan Pada Penderitanya

Menjaga kesehatan pencernaan memang menjadi hal yang penting dilakukan, apalagi ini juga berhubungan dengan penyerapan zat-zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hanya saja sering kali pada beberapa orang mereka cenderung tidak memperhatikan apa yang dimakan dan juga diminum, khususnya adalah dari segi kebersihan atau higienitasnya, inilah yang bisa memicu munculnya penyakit, salah satu diantaranya yang paling sering terjadi adalah diare. Penyakit ini menyebabkan penderitanya harus buang air besar secara terus menerus dengan kondisi feses yang cair. Berbagai antibiotik untuk diare ditawarkan untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Diare ini sendiri pada dasarnya memang bisa dialami oleh siapa saja, bahkan bukan hanya orang dewasa, melainkan bayi dan juga anak-anak termasuk dalam kalangan yang paling mudah terserang gangguan pencernaan tersebut. Dalam beberapa kondisi jika tidak segera mendapatkan penanganan bahkan dampaknya bisa sangat fatal, karena bisa menyebabkan kematian yang disebabkan oleh tubuh mengalami dehidrasi.

Untuk itu maka Anda harus mengetahui beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan ketika terkena diare ini, jangan sampai terlambat, yaitu:

  1. Minum sebanyak-banyaknya, konsumsi lebih banyak cairan, dengan tujuan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi karena terus menerus buang air besar. Anda bisa minum air putih biasa atau cairan oralit, yaitu dibuat dengan mencampurkan antara air, gula dan juga garam dalam takaran yang pas. Oralit ini sendiri mengandung elektrolit yang dapat menyeimbangkan cairan yang ada di dalam tubuh.
  2. Konsumsi makanan rendah serat, dianjurkan untuk mengonsumsi bahan makanan yang rendah kandungan seratnya dengan tujuan agar tidak memperparah diare tersebut. Membuat feses nantinya akan menjadi lebih keras, jadi sedikit meredakan diare yang dialami oleh penderitanya.
  3. Istirahat, dianjurkan juga bagi mereka yang terserang diare untuk beristirahat, sehingga nantinya sistem kekebalan tubuh akan kuat lagi, hal ini membuatnya lebih mudah untuk menyerang virus dan juga bakteri patogen yang menjadi penyebab penyakit tersebut.

Jika tidak kunjung reda maka konsumsi juga obat antibiotik yang bisa mengatasi penyakit diare tersebut, berikut ini diantara pilihannya yang aman, yaitu:

  1. Cotrimoxazole, antibiotik ini bekerja secara aktif untuk menghentikan perkembangbiakan bakteri yang menjadi penyebab diare tersebut. Bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan juga orang dewasa sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Obat ini umumnya diresepkan bagi mereka yang terkena diare disebabkan oleh infeksi bakteri E.coli.
  2. Cefixime, ini adalah antibiotik golongan sefalosporin, bekerja untuk melawan bakteri yang ada di dalam tubuh, obat yang satu ini juga terbilang manjur dan banyak yang cocok menggunakannya. Rata-rata mereka yang mengonsumsi obat ini maka akan membaik hanya dalam kurun waktu 55 jam saja.
  3. Metronidazole, obat ini digunakan untuk mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri parasit yaitu Giardiasis, biasanya penderitanya akan mengalami gejala seperti kram perut, kembung, mual dan juga buang air besar terus menerus dengan feses encer.
  4. Azythromycin, umumnya ia dipakai untuk mengobati diare wisatawan yang disebabkan oleh bakteri Compylobacter jejuni, karena saat sedang travelling biasanya ada beberapa orang yang tidak cocok dengan kondisi cuaca ataupun juga makanan sehingga mudah terserang diare.
  5. Ciprofloxacin, digunakan untuk mengobati diare yang disebabkan oleh bakteri Compylobacter jejuni dan juga Salmonella enteriditis.

Obat antibiotik untuk diare di atas bisa Anda dapatkan di apotek, namun menurut resep dokter membelinya.



0 komentar:

Posting Komentar